Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan menyelenggarakan 4 program studi sebagai berikut:

  • Program Studi D III Kebidanan merupakan program studi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi D III Kebidanan.
  • Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi sarjana terapan Kebidanan.
  • Program Studi Pendidikan Bidan Program Profesi merupakan pendidikan yang dilaksanakan secara tidak terpisah antara pendidikan tahap sarjana dengan pendidikan tahap profesi sebagai satu kesatuan yang terintegrasi untuk mempersiapkan peserta didik dalam penguasaan ilmu dan praktik kebidanan.
  • Program Studi Promosi Kesehatan Program Sarjana Terapan adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi sarjana terapan Promosi Kesehatan.

Program Studi D-III Kebidanan

Visi :

Menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan yang unggul dalam asuhan kebidan berbasis pendekatan responsif gender dengan pemanfaatan teknologi tepat guna pada tahun 2028.

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dengan mengimplementasikan asuhan kebidanan yang berbasis filosofi kebidanan dengan pendekatan responsif gender.
  2. Melaksanakan penelitian kebidanan yang mengdukung pengembangan model praktik bidan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat mengingatkan derajat kesehatan melalui pemberdayaan perempuan dan keluarga.
  4. Menjalin kerjasama lintas program maupun lintas sektoral dengan institusi baik regional, nasional maupun international.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam mengimplementasikan asuhan kebidanan yang berbasis filosofi kebidanan dengan pendekatan sensitivitas gender.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan kapasitas dosen dalam melaksanakan asuhan kebidanan yang mendukung pengembangan model praktik Bidan dan metode pembelajaran yang responsif gender.
  3. Menghasilkan penelitian yang mengembangkan model praktik Bidan dan metode pembelajaran.
  4. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat dengan memberdayakan potensi masyarakat.
  5. Mengembangkan jejaring kerja lintas program maupun lintas sektoral dalam meningkatkan pendidikan kebidanan

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi

Visi

Menghasilkan bidan profesi yang responsif gender melalui pengembangan teknologi dan Model asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC) pada tahun 2028.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan bidan profesi yang memiliki sikap responsive terhadap keadilan gender dan mampu mengembangkan model dan teknologi asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC).
  2. Menyelenggarakan penelitian berkesinambungan dalam memanfaaktakan dan mengembangkan teknologi yang mendukung penguatan keilmuan kebidanan, pengembangan model asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC) yang responsive gender dan pengambangan teknologi tepat guna.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan generasi berkualitas dan keadilan gender melalui pengembangan model dan teknologi asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC).
  4. Mengembangkan Jejaring kerja dalam pengembangan teknologi dan model CoMC, peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pendayaguaan lulusan.

Tujuan

  1. Menjamin ketersediaan sumber daya pendidikan handal
  2. Terselenggaranya kualitas pembelajaran yang optimal yang menghasilkan lulusan profesi bidan yang professional dan memiliki responsive untuk mencapai keadilan gender untuk mengembangkan pelayanan kebidanan yang berkualitas dan berkesinambungan (CoMC).
  3. Terselenggaranya penelitian yang mendukung pengembangan model dan teknologi asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC) dan asuhan kebidanan yang sensitif gender.
  4. Terwujudnya upaya pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi dalam pemberdayaan perempuan, keluarga, dan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatanyang berkeadilan gender.